My Little Artist Just Did It!

WhatsApp Image 2017-04-22 at 23.05.37

Setelah tunggang langgang dikejar deadline kerjaan dan ikut nyebur di jastip BBW sebagai tukang ketak ketik, akhirnya gue bisa setor tulisan lagi. Walaupun, sebenarnya apa yang gue tulis ini udah terjadi seminggu yang lalu, tetap seru buat diceritakan, kok!

Ehem, jadi Sabtu lalu, Mas Aryo, si ninjaboy sulung, mengikuti lomba mewarnai. Ini adalah kompetisi perdana Mas Aryo, di luar lomba 17-an kompleks. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka Pekan Seni dan Olahraga AKSERA 2017. Pesertanya PG dan RA se-kecamatan Margahayu. Sebenarnya, di kecamatan ini, tidak banyak PG Islam yang beroperasi. Kami beruntung karena PG Aryo, yaitu PG Nurul Falah, mengirimkan hampir seluruh murid PG untuk mengikuti lomba ini. Sementara, PG lain hanya mengirimkan siswa-siswa terpilih. Satu hal yang gue sangat hargai dari pilihan ini, dimana semua anak, bisa atau tidak bisa, diberi kesempatan untuk mengikuti kompetisi.

Dalam lomba mewarnai ini, gambar soal memiliki tema kendaraan darat. Tema ini sudah diberitahukan sebelumnya sehingga anak-anak dapat berlatih, baik di sekolah maupun di rumah masing-masing.

Sebelum lomba, Aryo selalu bercerita betapa ia bersemangat belajar mewarnai berbagai kendaraan darat. Anehnya, di rumah, semangat in seakan sirna. Aryo belum dapat mewarnai dengan rapi dan fokus. Belakangan, gue sadar alasannya. Nanti gue ceritain di bawah hehehe.

WhatsApp Image 2017-04-28 at 16.58.25

hasil latihan mewarnai di rumah, warna dan kendaraan favorit aryo ketebak kan?

3 hari menjelang lomba, gue ketar-ketir. Aryo tiba-tiba demam ringan disertai diare ringan. Gue pun memutuskan Aryo untuk istirahat di rumah. Aryo jadi kehilangan 2 hari berlatih mewarnai di sekolah. Di rumah pun, gue nggak memaksa Aryo untuk berlatih. Yang penting istirahat supaya cepat pulih. Jujur, gue nggak menaruh harapan tinggi kepada Aryo. Pesan gue kepada Aryo yang gue ucapkan berulang-ulang : berusaha sebaik mungkin, nggak ngambek, dan duduk mengerjakan hingga waktu selesai tanpa drama aneh-aneh.

Rupanya doa gue dikabulkan. Dengan bonus pula.

Sabtu pagi, 22 April 2017, gue, Tyo, dan Aryo berangkat ke lokasi lomba di kompleks Madrasah Al-Haq, Manglid. Kami datang tepat sesuai permintaan guru Aryo, yaitu jam 07.30, 30 menit sebelum lomba dimulai. Gue pun membantu guru Aryo, Bu Suci, untuk mengatur tempat duduk anak-anak dan meletakkan krayon (sudah disediakan dari sekolah supaya seragam) di meja masing-masing. Bu Suci menata supaya anak-anak duduk dengan teman yang ‘tidak akan mengalihkan fokus dengan bermain atau mengobrol’.

Aryo duduk bersama Naura, teman sekelasnya. Lucunya, Tyo berkomentar tentang cantiknya Naura hehehe. Memang, sepintas bila dilihat, Naura ini mirip Sherina cilik. Mau browsing mantu, Pa? Hehehehe..

WhatsApp Image 2017-04-22 at 09.59.14

WhatsApp Image 2017-04-22 at 09.59.09

Yak, lomba pun dimulai tepat pukul 08.00. Selama 60 menit waktu pengerjaan, gue dan Tyo mengintip dari jendela. Kami terpana, Aryo bisa fokus dan tenang mewarnai gambar. Pilihan warnanya memang tidak biasa, tetapi serasi. Mobil oranye dengan roda kuning. Dihiasi rumput dan langit hijau. Ajaib, tetapi gue suka! Aryo pun berinisiatif mewarnai semua bidang warna.

WhatsApp Image 2017-04-22 at 09.59.17

WhatsApp Image 2017-04-22 at 09.59.19

Begitu Aryo selesai mewarnai, tiba-tiba ia memanggil guru dan meminta sesuatu. Gue dipanggil untuk masuk ke depan kelas. Aryo ternyata ingin menunjukkan gambar itu kepada gue sebelum mengumpulkan. Ia juga meminta gue memotret hasil karyanya. Untunglah, gue diperbolehkan untuk melaksanakan permintaan Aryo. Mukanya sumringah dan bangga telah berhasil mengabulkan permintaan gue sedari kemarin.

WhatsApp Image 2017-04-22 at 23.05.48

Usai mengumpulkan, Aryo kembali membuat gue terkejut dan salut. Guru Aryo meminta Aryo menemani Naura yang belum selesai. Aryo menyanggupi dan kembali duduk dengan ceria. Sementara, gue melihat anak-anak lain tidak sedikit yang sudah gelisah ingin cepat keluar kelas. Aryo tak lupa dadah-dadah kepada gue dan Tyo yang menunggu di luar.

Waktu habis dan gue peluk Aryo yang menghambur keluar dengan senyum lebar. Aryo makin bahagia begitu menerima bingkisan dari sekolah, sebuah suvenir hiburan untuk semua peserta yang berpartisipasi. Sayang, gue lupa mengambil foto suvenir ini. Walaupun sederhana, isi sebuah kotak makan, pensil, dan penghapus, sudah lebih dari cukup untuk membuat anak-anak kegirangan.

Sorenya, gue menerima pesan via WhatsApp dari Bu Suci. Sebuah kabar yang tak disangka. Aryo meraih juara harapan 1 untuk lomba mewarnai ini. Alhamdulillah, rupanya hasil tidak berkhianat dari prosesnya.

Gue dan Tyo membahas, apa yang membuat Aryo bisa meraih prestasi ini. Gue menyimpulkan, ketika gue tidak memberikan tekanan ini-itu kepada Aryo. Membiarkannya mengembangkan kreativitas dan imajinasinya sendiri, ia bisa membuat karya yang luar biasa. Mengenai perbedaan mood Aryo ketika di rumah, sekolah, dan lokasi lomba, gue teringat sikap gue sendiri. Rumah yang nyaman, membuat Aryo tidak berniat mengeluarkan jiwa kompetitifnya. Ia ingin serba santai, bergembira, ketimbang berlatih untuk sebuah tujuan. Namun, begitu menginjakkan tempat lomba, secara dewasa, ia mampu mengubah dirinya menjadi versi yang lebih serius.

Ini mirip sekali dengan gue di masa kecil. Ketika sampai di rumah, gue memilih untuk bersantai. Buat gue, belajar serius itu tempatnya, ya di sekolah. Di luar sekolah, gue ingin mengulik hal-hal lain dari sekadar duduk rapi mengerjakan tugas. Semacam school-home balance mungkin, ya.

Aryo mengajarkan gue banyak hal tentang memahami seorang anak. Meskipun gue masih belajar dengan terseok-seok, namun rasa bangga dan bahagia melihat anak yang mampu berprestasi, adalah sebuah perasaan terbaik yang bisa dirasakan seorang mama.

Great job, Mas Aryo! Keep spreading your wings out!

#ODOP2017 #week17 #post44

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s