Ketika Nini Chef Berjaya

Happy (1)

Hari Kartini tinggal satu minggu lagi. Lebih awal, gue akan menceritakan sebuah pencapaian yang berhasil diraih oleh Kartini spesial gue, Mamah tercinta. Akhir bulan ini, Beliau juga akan merayakan hari lahirnya, memasuki usia 64 tahun.

Mamah adalah contoh nyata seorang wanita yang jago ber-multi tasking. Meskipun telah memasuki usia senja, namun Mamah memilih tidak berdiam diri. Ia tergolong aktif dalam kegiatan di kompleks, salah satunya PKK, dimana Beliau menjabat menjadi Bendahara Utama, termasuk menjadi Bendahara Posyandu.

WhatsApp Image 2017-04-13 at 12.39.19 (1)

Mamah (hijab cokelat) di antara sesama ibu-ibu PKK

Mamah memang orang yang aktif dan apik. Satu lagi kelebihannya, Mamah jago masak. Dari tangan dinginnya, lahir aneka hidangan lezat. Memang, Mamah punya keunikan tersendiri dalam memasak. Ia tidak ragu untuk terus update ilmu. Tayangan masak-memasak di televisi adalah kegemarannya. Sekarang, ia ngefans berat sama Chef Chandra “Chef’s Table” dan Nicky Tirta, dua-duanya tampil di .NET TV. Gue juga membantu mengunduhkan aplikasi Cookpad di tabletnya. Berlangganan tabloid NOVA pun masih ia lakukan hingga kini, demi mendapatkan akses aneka resep masakan untuk memperkaya wawasan dapurnya.

Singkat kata, Mamah adalah pembelajar sekaligus guru yang selalu haus akan ilmu.

Inilah yang menjadi alasan, mengapa akhirnya Mamah yang dipilih untuk mewakili Posyandu RW 05 (tempat kami tinggal sekarang) dalam Lomba Cipta Menu Sehat Balita yang digelar oleh Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung. Rencananya, keenam kelurahan dalam kecamatan kami akan mengirimkan masing-masing 2 RW untuk mengikuti kompetisi. Dari Kelurahan Cirangrang, dipilihlah RW 01 dan RW 05 untuk lomba kali ini.

Bisa dibilang, persiapan kilat dilakukan untuk mengikuti lomba ini. Bayangkan saja, kami menerima berita lomba di hari Senin sore (10 April), lomba akan diadakan Kamis (13 April) pukul 08.00. Lokasinya sendiri kebetulan tidak jauh dari rumah, yaitu di Miko Mall.

Mamah bukan tipe orang yang gentar dengan tantangan seperti ini. Beliau langsung bisa mendapatkan ide menu apa yang akan dibuat. Mamah juga senang membaca info pengasuhan, jadi sedikit banyak ia punya dasar seperti apa menu sehat yang sebaiknya disajikan untuk balita.

Satu tantangan yang cukup membuat kami memutar otak adalah, adanya batasan biaya per menu sebesar Rp. 10.000,-. Selain itu, ada pula rubrik penilaian yang telah diberitahukan sebelumnya, dimana pemilihan bahan lokal juga menjadi salah satu kriteria.

Peserta diminta untuk membuat dua sajian, untuk kategori 1-2 tahun dan kategori 3-5 tahun. Untuk kategori 1-2 tahun, Mamah langsung memilih menu yang sering dibuatnya di rumah, yaitu Kentang Mangkuk Panggang. Sedangkan untuk 3-5 tahun, ada 2 pilihan, apalah ingin membuat hidangan manis atau gurih. Namun, keduanya hampir mirip, yaitu serupa dadar gulung.

Keesokan harinya, Mamah dan Ketua Posyandu, Ibu Bidan Henny, tak sengaja bertemu dengan perwakilan RW 01 ketika menghadiri pertemuan di kantor Kelurahan. Setelah berdiskusi dan berbincang (konsolidasi supaya menunya tidak “bertabrakan” alias sama), Mamah dan Ibu Henny memutuskan untuk membuat Semar Mendem versi nasi sebagai menu kategori 3-5 tahun.

Hari Rabu, Mamah mulai melakukan uji dapur, dengan membuat contoh hidangan. Gue kebagian mempersiapkan peralatan dan perlengkapan untuk lomba. Mulai dari belanja bahan-bahan, properti lomba, hingga menuliskan resep dan kalkulasi biaya. Sekali lagi, gue bersyukur mengenal Canva, sehingga gue bisa menulis resep masakan dengan tampilan yang menarik (sekaligus memudahkan untuk nanti posting di medsos dan blog hehehe). Segala persiapan baru selesai dikerjakan lepas pukul 21.00, diiringi hujan yang awet mengguyur Kota Bandung hingga malam hari.

***

Akhirnya, hari yang dinanti pun tiba. Pukul 07.30, Mamah dan beberapa pengurus PKK sudah siap di lokasi lomba. Penataan hidangan diminta untuk dilakukan di lokasi. Gue dan Aryo menyusul ke Miko Mall jam 08.00. Setibanya di sana, seluruh peserta sudah hadir dan siap di tempat masing-masing. Gue berkeliling untuk melihat para pesaing. Wow, tampak spektakuler tampilan menunya. Namun, gue tetap optimis, Mamah bisa menampilkan yang terbaik. Soal menang atau kalah itu belakangan.

Rangkaian acara hari ini ternyata tidak hanya Lomba Cipta Menu Balita saja, namun juga ada percontohan Bina Keluarga Balita (BKB), penyerahan bantuan, demo pembuatan makanan tambahan sehat, semua dalam rangka Bulan Gizi Balita yang sedang digelar di Posyandu seantero Bandung.

Inilah display hidangan yang disajikan dari Posyandu Melati 5, RW 05, Kelurahan Cirangrang.

WhatsApp Image 2017-04-13 at 12.39.19 (3)

 

 

 

Kentang Mangkuk Panggang ini adalah alternatif hidangan sekali makan yang sudah lengkap terisi kebutuhan gizinya. Ada karbohidrat, protein, lemak, dan serat, seperti halnya menu 4 bintang. Rasanya pun kaya, karena selain ada tambahan rasa dari gula-garam-merica, keju dan kaldu ayam pun menambah gurih makanan ini.

WhatsApp Image 2017-04-13 at 12.39.19 (2)

Dadar Isi Nasi Campur adalah versi ringan dari Semar Mendem, tanpa menggunakan ketan dan santan yang tergolong “berat dicerna”. Sama halnya dengan Kentang Mangkuk Panggang, menu ini tergolong menu yang lengkap dalam sekali gigit. Untuk penguat rasa, digunakan jamur tiram yang mengeluarkan perisa umami alias gurih alami. Selain tentu saja, kaldu ayam yang menambah sedapnya nasi campur. Disarankan untuk memilih beras pulen, yang memang harganya sedikit mahal, namun mudah dibentuk.

Bisa dilihat, Mamah memilih tampilan sleek ala foto resep di media. Untuk hiasan pun, Mamah berprinsip, garnish yang digunakan, haruslah fungsional, alias bisa dimakan. Tujuannya, supaya tidak mubazir. What a wise thought!

Inilah resep masing-masing hidangan yang dibuat Mamah.

Kentang Mangkuk Panggang (2) (1)
Kentang Mangkuk Panggang (3) (1)

Dari kalkulasi biaya, kedua hidangan ini bila dibuat satu resep penuh (menghasilkan 20 potong), menghabiskan biaya kurang lebih Rp. 40.000,- (dengan standar harga di Bandung sini, bukan belanja di supermarket bintang lima, ya!) Cukup ekonomis bukan, dengan sajian yang terlihat “wah”!

Biaya kentang panggang

Kalkulasi biaya Kentang Mangkuk Panggang

 

Biaya dadar isi

Kalkulasi biaya Dadar Isi Nasi Campur

Dan… bagaimanakah hasilnya?

WhatsApp Image 2017-04-13 at 12.38.37

 

Alhamdulillah, jerih payah Mamah membuahkan hasil manis. Posyandu Melati 5 berhasil menjadi juara umum dengan menyabet tempat terbaik atau juara pertama di dua kategori!

WhatsApp Image 2017-04-13 at 12.38.36

WhatsApp Image 2017-04-13 at 12.38.37 (2)

Sssttt, sebenarnya sebelum diumumkan, gue sudah berfirasat Mamah akan mendapatkan juara. Karena para juri dan beberapa panitia meminta fotokopi resep masakan Mamah, sekaligus lahap mencicipi sampai habis menu yang disajikan hehehe.

Rasa bangga menyelimuti hati gue. Satu hal yang selalu ditekankan Mamah, setinggi dan sebanyak apapun ilmu yang kita miliki, janganlah lantas membuat kita tinggi hati. Ilmu yang sebaik-baiknya adalah ilmu yang diamalkan, dibagikan, dan terus ditingkatkan. Teruslah berpartisipasi dalam lingkungan sekitar dengan cara apapun yang kita bisa.

Ini adalah sebuah lecutan juga buat gue. Jujur saja, gue sempat merasa akhir-akhir ini gue banyak mengerjakan ini-itu sampai keteteran mengatur waktu. Namun, dengan kejayaan Mamah ini, pikiran gue terbuka. Waktu yang gue habiskan untuk mengerjakan tugas-tugas ini adalah waktu yang bermanfaat, baik buat gue ataupun orang lain. Gue jadi semangat kembali untuk terus berkarya.

Selamat dan terima kasih, Mamah! Prestasi Mamah adalah sebuah teladan bagi anak cucumu kelak bahwa berprestasi tidak mengenal batasan usia. Ini adalah kado manis untuk ulang tahunmu pula.

Ini cerita tentang Kartini hidup gue, bagaimana dengan Kartini modern versi lo?

 

 

#ODOP2017 #week15 #post22

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s