My Regular Skin Care Routine

regular skincare routine

Setelah mengulik dasar-dasar pengetahuan tentang skin care dalam SKIN CARE 101, sekarang gue mau share apa saja skin care routine yang sedang gue jalankan.

Seperti yang gue bahas sebelumnya, gue menjalankan 7 langkah dalam skin care routine, yaitu :

1. Double cleansing
2. Exfoliating
3. Toning
4. Rejuvenating
5. Moisturizing
6. Sun protection
7. Extra treatment berupa face mask

Kecuali langkah nomor 2 dan 7, semuanya gue lakukan daily. Untuk exfoliating dan extra treatment, gue lakukan 1-2 kali seminggu.

Produk yang gue pakai, mostly adalah produk lokal dengan harga yang ramah di kantong. Maklum ya, dana gue juga terbatas, jadi I tried to maximize my budget with the worth-to-buy products. Sebelum membeli produk-produk ini, gue banyak browsing di beauty blogs dan beauty websites untuk mencari informasi tentang kandungan produk, plus minus produk, dan tentu saja, review si pemakai.

My skin care routine (1)

Akhirnya, inilah skin care routine yang sudah gue jalani kurang lebih selama 2 bulan terakhir. FYI, kulit gue tergolong kulit berminyak dan rentan berjerawat (oily and acne-prone).

1. Double cleansing

Double cleansing (3)

Langkah pertama ini gue awali dengan membersihkan wajah dari sisa riasan yang menempel. Untuk bagian riasan bibir dan mata, gue memakai Wardah EyeXpert Eye Make Up Remover. Walaupun di judul produknya hanya menyebutkan eye make up, tapi ada label tambahan yang menuliskan for eye and lip. Ini adalah dual phase make up remover yang harus dikocok terlebih dahulu untuk mendapatkan fase pembersihan optimal. Gue sudah pernah mencoba eye make up remover merk P dan M, ternyata produk Wardah ini masih lebih unggul dan lebih lembut juga di kulit gue.

Gue juga punya micellar water dari Mineral Botanica. Biasanya, gue pakai micellar water untuk kondisi kepepet, misalnya persiapan sebelum sholat di luar rumah (gue selalu sedia kapas di make up pouch). Sayang, produk ini kurang paripurna untuk mengangkat bekas rias wajah. Gue lagi conside untuk menggantinya dengan facial wipes semacam Biore untuk menggantikannya.

Sebagai oil-based cleanser, gue menggunakan Mineral Botanica Acne Series Cleansing Milk. Teksturnya enak banget, nggak lengket, mungkin karena menggunakan mineral oil dan ekstrak chamomile. Selain itu, udah ada salicylic acid yang membantu meredakan jerawat.

Gue lanjutkan juga dengan menggunakan cleansing toner dari rangkaian yang sama Mineral Botanica Acne Series untuk mengangkat sisa kotoran. Gue mengkategorikan toner ini sebagai astringent karena mengandung witch hazel extract dan ada alkoholnya juga. Gue tepuk pelan-pelan, terutama di bagian yang rentan berjerawat. Harus hati-hati pakainya, karena bisa bikin kulit terasa kering.

Masuk ke water-based cleanser, gue akhirnya menemukan pujaan hati. Sebelumnya gue pakai facial cleanser dari merek P, selama bertahun-tahun. Tapi, kok ada aja yang mengganjal. Mungkin karena produknya masih mengandung terlalu banyak busa ya. Begitu ketemu sama Himalaya Herbals Purifying Neem Face Wash, gue merasa ketemu sama jodoh yang lama dinanti, eciyeeeh! Gue dulu meneliti nimba masa Tugas Akhir Sarjana, tapi baru ngeh kalau efek antibakterinya bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit pencegah jerawat. Ditambah dengan ekstrak kunyit juga, cespleng! Facial wash ini cenderung nggak berbusa, jadi tetep harus inget untuk pakainya jangan berlebihan (maklum ya, kadang tersugesti, nggak berbusa berarti nggak bersih). Setelah pemakaian, kerasa banget kulit gue segar tanpa rasa kering yang nggak enak.

 

2. Exfoliating

Double cleansing (1) (1)

1-2 kali seminggu, setelah mencuci muka, gue menggunakan produk ekfoliasi, tepatnya physical exfoliator. Awalnya, gue memakai Mineral Botanica Peeling Cream bergantian dengan Wardah Essential Facial Scrub. Hasilnya ya, so-so lah. Sampai seorang rockamama yang baik hati jelmaan ibu peri, MomJe, menggelar #RockamamaKinclong2017 Giveaway.

Alhamdulillah, gue berhasil menjadi salah satu pemenang dan memasukkan produk keren ini ke dalam wishlist : The Body Shop Tea Tree 3-in-1 Wash Scrub Mask. Gue lebih sering menggunakan produk ini untuk physical scrubbingI, seminggu sekali saja. Aromanya segar, rasanya memang celekit-celekit pada awalnya, karena butiran-butiran scrubnya cukup besar. Terasa sekali kotoran-kotoran terkikis dan sensasi setelah pemakaian, bersih kinclong segar, campur jadi satu.

 

3. Toning

TONERS (2)

Ini bagian yang masih bikin gue bolak-balik galau hehehe. Gue pun melihat di area ini gue belum mendapatkan produk yang bener-bener sreg di hati. Ada dua produk dari Mineral Botanica Acne Series yang gue pakai. Tonernya sendiri sebenernya lebih ke arah astringent dan menurut cara pakai di labelnya, digunakan sebagai cleansing toner yang dipakai setelah cleansing milk. Gue juga punya face mist dari seri yang sama. Sementara, gue pakai sebagai hydrating toner, walaupun sebenarnya masih mengandung salicylic acid yang biasanya masuk ke area exfoliating toner. Sampai tulisan ini dibuat, gue masih mencari hydrating toner, yang gue targetkan bakal gue miliki paling telat minggu depan.

Double cleansing (2) (1) edited

4. Rejuvenating

Dengan penjelasan panjang lebar di artikel sebelumnya, sementara gue masih memilih satu jenis produk saja untuk area rejuvenating. Lagi-lagi, masih dari Mineral Botanica Acne Series, produk serum ini mendapatkan ulasan baik di beberapa beauty blog. Serumnya light dan cukup pakai satu kali crot alias sekali pencet dari kemasannya, udah cukup untuk satu wajah. Gue suka pakai sekali pencent lagi untuk area leher, biar nggak cepat keriput ya bagian ini.

Gue tertarik juga untuk mencoba face oil. Satu incaran gue, ada satu produk lokal dari Botanina, yaitu Acne and Scar Oil. Tergoda juga sedikit sama The Body Shop Tea Tree Oil yang hits banget itu. Nantilah, nunggu budget cukup, mengingat bulan ini uang dialokasiin untuk belanja BBW hehehe.


5. Moisturizing

Di area pelembap, gue memilih merek yang sudah lama gue pakai beberapa tahun belakangan, Olay Total Effects. Untuk siang, gue pakai Day Cream varian Gentle yang sudah dilengkapi dengan SPF 15. Dulu, waktu masih di Bekasi, gue kurang cocok pakai ini karena greasy di kulit dan menggantinya dengan Advanced Daily Moisturizer with Cooling Essence yang less greasy dan non comedogenic. Sekarang, dengan cuaca yang nggak sepanas Bekasi dan aktivitas yang jauh lebih ringan, gue switch lagi ke Day Cream Gentle dan sejauh ini, nggak banyak masalah.

Untuk pelembap malam, sebenarnya gue baru coba kurang dari sebulan. Gue memakai Night Cream dari Olay Total Effects. Sayangnya, gue belum terlalu rajin pakainya, masih sering kelupaan di malam hari. Satu pot ini sepertinya bakal awet lama, karena dengan pemakaian sedikti saja sudah cukup banget melembapkan kulit di malam hari.

Bagian bibir pun gue pakaikan pelembap, yaitu Nivea Lip Essential Care. Maklum ya, lipen matte selalu terulas di bibir, jadi perlu banget bibir ini selalu disuntikkan kelembapan.

6. Sun Protection

Gue masih memilih chemical sunscreen sebagai tabir surya karena lebih nyaman di kulit. Produk yang gue pakai saat ini adalah Wardah Sunscreen Gel SPF 30. Gue sempat mempertimbangkan untuk membeli produk ber-SPF 50, namun akhirnya gue mengurungkan niat setelah membaca bahwa kemampuan penyaringan sinar UV antara SPF 30 dan SPF 50 hanya berbeda 1 persen. Lagipula, biasanya, semakin tinggi SPF, produk juga semakin komedogenik. So, right now, I kinda satisfied with this one.

 

7 Extra treatment

TONERS (1) (1)

Awalnya, gue kenal masker wajah dari nyokap. Masker yang dulu gue sering pakai adalah Masker Bengkoang dari Mustika Ratu. Walaupun tampak menyeramkan, muka putih-putih, masker ini lumayan ampuh untuk menipiskan bekas jerawat. Sekarang, gue mencoba Himalaya Herbals Purifying Neem Mask. Masker ini seperti clay mask yang pas banget untuk menyerap minyak sekaligus mengeringkan jerawat. Perhatian banget, setelah pemakaian masker ini, kulit biasanya jadi kering, jadi harus segera dihidrasi dengan hydrating toner dan rejuvenation products.

Gue pun masih menunggu datengnya pesenan hydrating sheet mask dari sebuah e-commerce, merek Innisfree yang disebut sebagai The Body Shop from the East. Semoga cocok di kulit dan nggak bikin jerawatan yaaaa!

Untuk (usaha) menghilangkan komedo membandel, seminggu sekali gue pakai Biore Pore Pack Cleansing Strip ini. Walaupun sebenarnya, akhirnya masih balik lagi aja si komedo-komedo itu #heavysigh

Overall, produk-produk yang gue pakai ini sejauh ini memang tidak memberikan hasil instan. Namun, gue merasakan ada perubahan di kulit gue, walaupun pada waktu tertentu seperti menjelang datang bulan, jerawat masih mampir ke muka. Dua bulan terakhir, jerawat yang datang, sifatnya lebih jinak dan cepat hilang. Gue pun merasa lebih pede dan terpacu untuk terus berusaha mewujudkan #rockamamakinclong2017

Sebagai perawatan dari dalam, gue mengonsumsi juga suplemen vitamin E. Biasanya, gue gantian minum antara Natur-E 100 IU dan Ever-E 250 IU, cukup 1 kapsul sehari. Tak lupa, minum air mineral 2-2,5 liter sehari dan banyak makan sayur serta buah segar.

Nah, gimana dengan skin care routine yang telah lo lakukan? Share yuks di kolom comments, sekalian nambah-nambah referensi juga buat gue 🙂

Beauty is not always about pain. It is a process of being consistent and putting a lot of commitment.

 

#ODOP2017 #week14 #post20

One thought on “My Regular Skin Care Routine

Leave a Reply

