Siulan Otak Ambyar

Tengah malem gue terjaga, di antara sederet newsfeed Facebook, ada sebuah tautan tersaji dari seorang teman.

Menuju ke sebuah artikel yang selanjutnya membuat napas gue terhenti.

Astaghfirullah…

Sudah segini rusakkah banyak pria di negeri ini? Sampai fantasi mesum nggak terkendali dan membuat hewan penuh birahi mungkin masih lebih sopan dari mereka?

Gue sendiri punya pengalaman pahit. Menutupi aurat dengan hijab dan pakaian longgar sambil menggandeng Aryo, balita yang baru saja memulai PG, tidak menghalangi mereka untuk memiliki khayalan tak pantas. Yang lalu disalurkan dengan decakan dan siulan bernada melecehkan. Ini terjadi hanya sepelemparan dari rumah.

Benar-benar siulan dari manusia berotak ambyar. Pikiran yang entah dikuasai dedemit jenis mana.

Selesai membaca dan mengenang pengalaman tak menyenangkan ini, gue bergidik ngeri. AryoNara juga menghadapi bahaya ini, bergaul dengan teman-teman yang berperilaku demikian dan menyaksikan ketidakpantasan ini dalam kehidupan nyata.

Sungguh gue berdoa, semoga pria-pria kecil gue akan menjadi pria yang menghormati wanita. Dari hal yang paling sederhana seperti tidak memberikan gestur, kata-kata, hingga tindakan melecehkan, apapun situasi dan kondisinya.

Kemudian gue terpekur. Untuk menghormati wanita, gue patut mengenalkan betapa wanita perlu dihormati, dimulai dari diri gue sendiri. Janganlah nanti mereka membenci dan menyepelekan kaum Hawa, hanya karena keteledoran gue semata.

Pria-pria negeri ini sudah masuk kondisi DARURAT HORMAT WANITA. Tak hanya pelecehan seksual, tak sedikit juga para suami yang jauh dari menghargai istri, para anak lelaki yang tak menghormati ibu, dan para ayah yang memperlakukan anak perempuannya bak bukan seorang manusia seutuhnya.

Dan dimana kita sebagai perempuan berdiri? Apakah lo berani bersuara dan bertindak atas nama kaum Hawa?

Sebuah renungan yang gue harap nggak cuma jadi penghias pikiran. Semoga menjadi lecutan untuk bergerak dan mewujudkan aksi nyata. Sekarang, sederhana, dan konsisten selamanya.
pics from : quotemaster, quotesaddict, pinterest

#ODOP2017 #week4 #post5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s