Mau Belanja Hemat? Baca Ini Dulu!

shop

pic from : pinterest1

Namanya emak-emak, belanja udah jadi kebutuhan primer. Nggak cuma buat memenuhi keperluan rumah tangga, belanja juga jadi obat mujarab kala galau (walaupun sebenernya galaunya pindah ke suami yang misuh-misuh liat tagihan CC atau saldo rekening yang menyusut hahaha).

Setelah masuk alam Emaks, gue makin menyadari adanya ukiran prestasi yang begitu dicari. Seberapa jago lo bisa dapetin best deals alias nemuin diskon segede mungkin dan belanja semurah mungkin.

Berguru dari beberapa emak yang jago banget soal diskon dan belanja hemat, gue bisa nyimpulin kunci rahasia dapetin kebanggaan yang satu ini. Contek 5 sumber belanja murah yang harus lo coba.

1. Toko grosir
Beli banyak lebih murah. Ini pakem yang berlaku umum. Kalo ada barang yang memang kebutuhannya banyak dalam sebulan, misalnya susu UHT mini, minuman instan, dan sebagainya, membeli grosir adalah jawabannya. Biasanya, toko-toko ini terletak di sekitar pasar. Selain toko grosir sembako dan makanan-minuman, di sekeliling atau sekitar pasar juga banyak toko lain yang menjual barang-barang dengan harga lebih murah dari pasaran. Yang sering gue temuin adalah toko elektronik, toko peralatan rumah tangga, apotek, toko plastik plus peralatan membuat kue, toko alat-alat jahit hingga toko sepeda! Nggak usah gengsi, pasar nggak selalu identik dengan becek, bau, dan jorok. Beberapa pasar sudah ditata rapi dengan fasilitas parkir yang lebih nyaman.

2. Weekend Sale pasar swalayan
Rutinitas gue tiap Jumat adalah ngubek cari info diskon weekend yang ada di berbagai pasar swalayan. Sejak kenal katalogpromosi.com, gue bisa dapetin info diskon aneka pasar swalayan dengan lebih cepat dan lengkap. Sebenernya, saat weekdays pun ada diskon yang berlaku, namun nggak senampol saat weekend atau promo 2 mingguan. Barang favorit yang dicari antara lain pospak, minyak goreng, nuggets, susu cair (pasteurisasi dan UHT), keju, sabun cair, shampo, deterjen, tisu, dan pembersih lantai. Beberapa pasar swalayan melayani pemesanan online dan biasanya ada tambahan diskon dari kode online voucher. Lumayan worthed it buat yang males gerak badan ke pasar swalayan langsung.

3. Diskon e-commerce
Nah, ini ilmu yang baru gue dalemin setahun belakangan. Berkat emak-emak cadas Rocktober-15 cihuiii hehehe. Sederet e-commerce lengkap tersedia untuk belanja berbagai barang dan jasa yang lo perluin. Pas Harbolnas, gue pun amazed karena banyak e-commerce yang gue baru denger dan begitu menggiurkan untuk dicoba. Dari seorang mastah online shopping, gue dapetin banyak kode online voucher yang bisa dipake setidaknya dalam 1 bulan berjalan. Info online voucher ini bisa kita cari-cari sendiri, caranya :

  • Klik situs yang bagi-bagi kode online voucher seperti Flipit
  • Daftar jadi member berbagai e-commerce dan rajin buka e-mail notifikasi dari mereka
  • Tukerin Telkomsel Poin dan cek info kupon diskonnya via *700# atau di situsnya Telkomsel Poin
  • Nah, ini yang baru di 2017, GO-POINTS dari GO-JEK. Setiap pemakaian GO-PAY dalam transaksi aneka layanan GO-JEK, lo akan dapet token yang bisa dipakai untuk nambahin poin melalui game. Poin-poin ini bisa ditukerin jadi macem-macem online voucher
  • Gabung member beberapa merchant tertentu, misalnya tahun lalu, ada beberapa online voucher  buat belanja e-commerce saat gabung member CGV Blitz 

Belanja e-commerce yang paling sering gue jajal adalah pospak, pakaian anak-anak, dan keperluan bayi. Beberapa hal lain yang jadi highlights, nanti gue bahas di posting berbeda yaaa! #catetjanji 

4. Pasar kaget
Sumber kekalapan lain adalah pasar yang tiba-tiba digelar, alias pasar kaget DUARRRR! (kaget nggak pas bacanya? hehehe). Gue sering nyebutnya ‘pasar ampar’ karena para penjualnya ngamparin dagangan seadanya. Ada juga yang menjuluki ‘sogo jongkok’ karena pembeli kudu jongkok sambil milihin barang-barang. Pasar kaget ini nggak setiap hari ada, biasanya digelar di hari Jumat (saat Jumatan:), Sabtu, dan Minggu (car free day adalah contoh termudah). Apa aja yang bisa lo temuin di sini? Dari mulai baju, hijab, kaos kaki, pakaian dalem, DVD film – gamesoftware bajakan, sandal – sepatu, mainan anak, dan masih banyak lagi. Harganya miring dengan kualitas beragam. Pinter milih dan nawar udah pasti harus jadi modal lo kalo belanja di sini.

5. Preloved items dan garage sale
Era milenial bikin jualan barang seken alias barang bekas ibarat naik tingkat. Bukan lagi bayangan tukang loak atau pasar sumpek, orang nggak lagi sungkan menggelar lapak dagangan barang yang tak terpakai, baik yang beli sendiri maupun pemberian orang. Lo pun perlu tahu aneka istilah untuk memudahkan pemahaman tentang barang tersebut, contohnya nih :

  • prewashed : sudah dicuci sebelumnya
  • BNIB : brand new in box alias masih baru di dalam kotak
  • ex kado : barang pemberian orang lain

Kalo dulu, identik jubel online dengan Kaskus, sekarang banyak banget lapak yang nawarin preloved items. Coba aja ulik e-commerce marketplace (bukalapak, olx, shopee), media sosial (Facebook, Instagram), dan forum-forum komunitas (Kaskus, The Urban Mama).
Alternatif lain, lo bisa datengin garage sale yang serupa tapi tak sama dengan preloved items. Di garage sale, biasanya barang-barang seken dijual dengan harga yang benar-benar miring. Sedangkan lapak preloved biasanya menjual dengan harga sesuai kondisi, semakin baik dan baru, biasanya nggak murah-murah amat juga sih.
Biasanya, emak ogi alias ogah rugi macem gue, suka itung-itungan dulu. Bisa nggak dapetin barang baru dengan diskon nampol. Kalo bisa dan beda dikit sama yang bekas, ya mending yang baru, dong 🙂

shop-black-belt

pic from  : pinterest2

Belanja murah emang bikin kalap. Makanya, perlu ada yang nyemprit kita supaya tetep inget sama saldo rekening dan muka memelas suami yang bayarin tagihan CC hehehe. Diskon dan harga murah nggak akan kemana-mana kok. Kecuali emang lo niat buat dijualin lagi, nggak perlu nyetok macem tengkulak nimbun di lumbung untuk stok berbulan-bulan ke depan. Nanti, harga murah itu nggak akan ada artinya, alias mau irit malah orot LOL!

#ODOP99days2017 #week2 #post4

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s