Sudah dan Akan

Sebenarnya gue udah berencana membuat post mengenai refleksi dan resolusi. Namun, karena satu dua tiga empat dan lain hal, jadilah keduanya disatukan dalam tulisan ini.

Tulisan yang perdana ditulis di tahun 2017. Tulisan yang pertama dibuat di notebook anyar (haseeeek, pamer dikit ah joniii). Tulisan yang menjadi tempat introspeksi sekaligus wish list gue.

nye-r2

Di tahun 2016 lalu gue sudah ….. dan di tahun 2017 ini gue akan …..

1. Sudah “pindah kantor” di rumah dan akan meneguhkan perjalanan menjadi work-at-home mom
Tahun 2016 diawali dengan keputusan besar gue untuk resign dari tempat kerja untuk menjadi ibu rumah tangga, atau bahasa keren kekiniannya stay at home mom. Nah, berhubung kemampuan mengurus rumah tangga gue bisa bikin guru PKK nangis darah saking nggak berbakatnya, ternyata gue nggak pas jadi IRT berbudi luhur. Dedikasi menghasilkan rumah kinclong dan hidangan berkilau di atas meja makan macem Bree di Desperate HousewivesThat’s not my thing, sista! Ditambah, berinteraksi total dengan dua balita cowok super aktif, bisa bikin kesabaran dan kewarasan lebih cepet drop dari batre HP Asus gue yang cepet panas zzzzz.
Di sinilah, gue langsung gerak cepat mencari jalan untuk tetap punya kesibukan. Sekadar buat nambah duit jajan dan tetap menyalurkan hobi, yaitu nulis. Alhamdulillah, jalan terbuka dari Ayumi, seorang kawan dari support group Rocktober-15. Walaupun baru beberapa bulan kenal, waktu itu, berkat Ayumi, gue pun resmi menjadi seorang freelance writer di Keluarga.com. Di sini gue menulis artikel-artikel populer bertema keluarga, which I really enjoy. Daripada cuma jadi penghias comments Facebook atau sumbang saran di grup WA, gue susun segala pengetahuan yang gue punya, didukung sumber-sumber yang bermanfaat nambah wawasan gue juga pada akhirnya, untuk jadi tulisan yang bisa bermanfaat buat orang lain. Yah, gue lebih milih punya tulisan yang bisa ngebantu, ketimbang viral karena kontroversial cablak-cablakan aja :p
Masih kurang sok sibuk? Merambah juga gue jualan online, dengan dagangan kripik cireng dan baju anak. Walaupun masih pitik banget skalanya dan banyak teronggok karena ngurusnya disempet-sempetin, lumayan buat nyalurin hasrat berdagang dan belajar jadi mompreneur (eciyeh!).
Tahun 2o17, pekerjaan dan usaha yang gue punya ini, inginnya sih tetap masih berjalan dan bisa menanjak pencapaiannya. Tetap, tantangan terbesar yang gue hadapi, berasal dari manajemen waktu dan energi untuk menjalankan tugas-tugas gue. Dengan Duo Kungfu yang kian aktif (dan faktor U yang nggak bisa ditipu, UPS!), sebuah jadwal komprehensif yang konsisten diisi dan diikuti semakin mendesak untuk segera dibuat. Sementara, gue belum mematok pencapaian spesifik karena masih meraba-raba, berapa sisa waktu dan energi yang gue punya buat ngerjain banyak pekerjaan. Yang pasti, ada harapan juga untuk menjajaki pekerjaan menulis lepas lain, berbeda dari lingkup pekerjaan di Keluarga.com.

2. Sudah melalui satu tahun dunia emak dua anak dan akan terus belajar mengarungi petualangan motherhood berliku ini
Ah, ini dia roller coaster yang terus beroperasi setahun belakangan dengan kecepatan tinggi. Hadirnya Dek Nara, membuat gue menjadi emak yang lebih realistis. Lunturlah segala idealisme bersama badan dan otak yang semakin mudah lelah, plus si sulung Mas Aryo yang juga sedang beradaptasi menjadi seorang kakak. Jujur, hubungan gue dengan Mas Aryo semacam love/hate relationship. Suka keuheul alias gondok, tapi rasanya ada yang ilang kalo sakit atau nggak ada. Yah, namanya juga threenager dan menanjak ke furious four. Fase AKU menguat, pikiran semakin kritis, dan energi untuk ngomong serta eksplorasi juga nggak abis-abis. Berkali-kali gue berharap ada produk powerbank buat refill kesabaran instan yang cepet banget lenyap.
Gue belajar berdamai dengan berbagai hal. Protektif? Boro-boro deh. Lepasin aja untuk banyak aktivitas. Prinsip gue sekarang, yang penting ada rambu-rambu utama yang tetap gue pegang. Life skills are more important. Itulah kenapa, gue masih belum rajin ngenalin calistung ke Mas Aryo dan membiarkan Nara belajar mengeksplorasi tanpa banyak campur tangan peralatan atau mainan mahal. Sisi positifnya, Mas Aryo sudah mulai mandiri untuk kesehariannya. Pakai baju sendiri, toilet training yang cukup sukses (sedia dispo untuk perjalanan jauh aja), melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga sederhana, sudah bisa dia lakukan dengan sukarela. Nara pun di luar dugaan, melalui beberapa milestones dengan mulus. Karakter kedua anak ini pun mulai terlihat dengan keunikannya. Keunikan yang membuat gue bersemangat pada banyak kesempatan dan menyadarkan gue saat merasa tertantang dengan aksi-aksi ajaib mereka.
Well, gue masih sering merasa desperado saat bener-bener capek tanpa support dari orang yang paling gue harapkan. Pe-er terbesar gue adalah pengendalian emosi dan ekspektasi. Gue kerapkali lupa, mereka hanyalah anak-anak, makhluk mungil yang masih belajar. Wajar banget kalo ketidaksempurnaan lekat pada mereka. Semoga tahun 2017 ini, gue bisa lebih bijaksana menjadi seorang mama. Semoga gue juga mendapatkan dukungan konsisten dari orang-orang terdekat. Sepertinya, gue akan semakin cuek dan selektif dalam menyikapi omongan, sikap, atau pandangan orang lain tentang ilmu parenting. Sepanjang disampaikan dengan cara yang enak, nggak menghakimi, dan realistis, gue masih akan menerima dengan pikiran terbuka pula.

3. Sudah membuka diri menjadi seorang blogger dan akan meningkatkan kualitas diri sebagai blogger konsisten
Bolak-balik bikin-tulis-anggurin blog di beberapa platform berbeda, tahun 2016, gue memberanikan diri ikut One Day One Post for 99 days yang digagas salah satu teteh alumni ITB Motherhood, Teh Shanty Dewi Arifin. Awalnya, gue mau belajar menulis dengan konsisten, sesuatu yang selama ini susaaaaah banget untuk dilakuin. Ternyata, mengikuti gerakan menulis ini membawa banyak manfaat buat gue. Terlepas dari perjuangan untuk mencari ide tulisan dan waktu untuk menulis, gue berhasil melalui 99 hari di semester pertama Kelas ODOP2016. Gue juga mendapat banyak teman blogger baru, yang tulisan-tulisannya keren banget! Sayang, di semester 2, performa gue menurun drastis, lagi-lagi karena gue belom canggih bermultitasking. Hasil dari ODOP2016 ini, gue mendapatkan beberapa cerita yang gue terbitin menjadi sebuah e-book kumpulan cerita berjudul #Lagu90anBercerita. Sebuah pencapaian yang membuat gue bernapas lega di akhir tahun hehehe.
Nah, di tahun 2017 ini, gue kembali mengikuti ODOP2017.Formatnya pun dibuat lebih longgar dari segi syarat posting, namun manajemen kelas terasa lebih teratur. Target gue? Bisa membuat posting setidaknya 150 post tahun ini, dengan perkiraan paling tidak 3 post seminggu. Isinya pun beragam dan ada keinginan gue untuk mencoba beberapa jenis tulisan yang belum pernah gue jajal sebelumnya. Harapan lain, gue bisa menambah skills yang berhubungan dengan menulis dan blogging. Paling tidak gue bisa mengikuti 1 pelatihan atau workshop dulu, deh! Kangen juga menjadi murid dan belajar langsung dari ahlinya.

Di luar tiga hal ini, ada 1 hal penting lain yang selalu jadi refleksi dan resolusi gue setiap tahunnya. Namun, hal ini sebenarnya gue selalu putuskan untuk cukup gue simpan sendiri, tanpa gue share kepada orang lain. Ya, tentang ibadah dan isi hati, biarlah menjadi urusan gue pribadi, karena gue selalu merasa tidak cukup etis dan tak kunjung sempurna untuk dapat “dibanggakan” di depan khalayak ramai 🙂

Segini aja refleksi dan resolusinya?
Yah, berhubung udah lama nggak nulis dan badan rasanya remuk ditinggal teteh ART mudik akhir tahun, seribu kata lebih yang gue bisa tuliskan ini, cukup banget buat ngegambarin apa yang sudah terlalui dan akan dihadapi gue.

Resolusi gue yang lain, kira-kira terwakili oleh gambar ini :

new-years-resolution-motivation-600x900-e1419877495284

Welcome, 2017! Let’s be better and reach for the best!

#ODOP99days2017 #week1 #post1

pic from google images and creative home

2 thoughts on “Sudah dan Akan

Leave a Reply

