Cerdas Hadapi LGBT

Apakah singkatan yang lagi hits saat ini? Kalau melihat isi linimasa media-media sosial yang aku ikuti, jawabannya LGBT.

Nah, bagi (eks) rekan-rekan sekantor, yang kini tetap jadi sahabat-sahabat, LGBT ini sebenarnya sudah jadi topik pembicaraan hangat dan rutin apalagi mulai tanggal segini.

Yak, LGBT versi kami.

Lama Gajian Bentar Telasnya 😀
(Telas = habis, dalam bahasa Jawa)

image

Hayooo, ngacung, siapa yang juga (sering) mengalami ini? Setiap angka tanggalan mulai dua digit, misuh misuh deh. Kencengin ikat pinggang, tebelin muka minjem duit. Gali lobang tutup lobang dengan kartu kredit. Apapun demi tetep bisa survive (dan gaya hehehe) tanpa kelihatan merana dari luar.

Sekarang, dengan bergantinya statusku dari working mom menjadi stay-at-home mom, bukan berarti bebas dari rongrongan LGBT ini. Malah, dengan pemasukan tetap yang hilang, harus punya jurus tambahan menghadapi godaan dan ujian yang bikin pengeluaran membengkak.

Coba, ah, kita daftar langkah-langkah yang bisa jadi tameng LGBT ini.

Pertama, perbanyak simpanan atau tabungan.
Seperti layaknya orang berdagang, enaknya kalau kita dapat laba atau untung. Dalam konteks keuangan pribadi, maunya ya surplus. Impas enggan, apalagi nombok alias defisit, nista banget kayanya.

Idealnya, kita harus bisa nabung minimal 10 persen dari pemasukan dan punya utang nggak lebih dari 30 persen penghasilan tetap.
Prakteknya? Buat konsisten nabung, apalagi berinvestasi yang lebih kompleks, masih jadi tantangan super besar bagiku.

Gimana supaya jumlah yang bisa ditabung bertambah? Kita perlu buat pilihan, mau ningkatin penghasilan atau ngurangin pengeluaran?
Nah, mengenai pilihan, aku lebih condong ke kubu ningkatin penghasilan. Masih banyak galaunya motong pengeluaran (baca : nggak mau dibilang pelit). Apalagi, kondisi punya 2 bocil balita begini, sering ada pengeluaran mendadak yang susah dihindari.

Status IRT dadakan ini membuat pilihan mencari tambahan penghasilan berkisar antara menjadi wirausahawati atau tenaga lepas sesuai hobi dan keahlian. Lain waktu, aku share ya, karena sekarang masih mencari-cari pekerjaan apa yang bisa menjadi ladang tambahan penghasilan.

Berkaitan sama tabung menabung, ada hal penting yang perlu dicoba. Jika pola pikir kebanyakan orang adalah “tabunglah sisa uangmu”, sekarang lebih oke kalau menabung dijadikan kegiatan di awal, bersama dengan membayar zakat, sedekah, dan tagihan rutin bulanan.

Setipe sama aku yang inkonsisten? Lirik aja produk tabungan berjangka, dimana kita “terpaksa” menabung rutin dalam jumlah yang sudah diatur tetap setiap bulannya. Bisa langsung potong rekening kita juga.

Jurus kedua hadapi LGBT adalah…kuasai nafsu belanja!
Wow, langsung berasa disuruh push-up 100 kali ya! Hehehe.. #beratmak
Eits, siapa bilang? Kuasai, bukan berarti berhenti. Maksudnya, belanja dulu yang perlu. Be a smart shopper. Detilnya? Sila baca tulisanku sebelumnya di sini.
#promoterselubung #naikinclickers 🙂

Jurus ketiga, mau tak mau, suka tak suka, belajar perencanaan keuangan adalah hal yang mutlak. Abad 21, semua serba dipermudah. Para suhu keuangan sudah tak pelit berbagi ilmu secara gratis. Klik klik situs atau media sosial mereka, di antaranya buat emak-emak muda, ada Prita Ghozie dan Ligwina Hananto yang sering bagi-bagi tips n trik perencanaan keuangan sederhana. Aplikasi untuk ponsel pintar tentang mengatur keuangan (umumnya untuk pencatatan dan penganggaran) juga bisa mudah ditemui di Playstore dan Appstore.

image

Akhir cerita, jurus-jurus hebat nggak ada artinya kalau si pendekar tidak berkemauan kuat dan pantang menyerah. Mempertebal keyakinan, “aku bisa!”, carilah dukungan dari orang terdekat ataupun sesama pejuang, apapun kita coba. Untuk masa depan kita, keturunan kita, dan Indonesia yang lebih makmur serta berjayaaaaa!

Should try these, A.S.A.P., and no more “galau maksimal” because of “tanggal tua” :p

#ODOPfor99days #day27

Advertisements

4 thoughts on “Cerdas Hadapi LGBT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s