Nostalgia bersama Bobo

Tadi pagi saat abang tukang koran langganan mampir ke rumah, biasanya cuma aku kasih goceng, sekedar bayar koran Kompas. Tapi, hari ini ada yang beda. Melihat sebuah merk majalah menyembul di barisan depan.

I bought my son this magazine. My childhood reappeared in a blink of an eye.



image

Okay, a quick trivia. Tahu nggak kalo majalah kebanggaan zaman kita (generasi 80an dan 90an) kecil dulu ini, bukan majalah asli Indonesia?

Bobo, yang terbit pertama kali di Indonesia pada tahun 1973, ternyata berasal dari Belanda.

Berkat majalah ini, aku jadi suka membaca dan menulis cerita. Berbagai tokoh dalam Bobo, mulai dari Keluarga Bobo, Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang, Oki dan Nirmala, Paman Kikuk, Pak Janggut, dan banyak lagi cerita-cerita pendek atau dongeng menarik yang mewarnai masa kecilku.

Meskipun hampir berusia 43 tahun, Bobo pun tetap berjiwa muda alias mengikuti perkembangan era masa kini. Bobo abad 21 tampil berbeda. Bentuk ilustrasi khas masa kini, koneksi dengan situs dan media sosial, rubrik-rubrik yang ngepop (bayangin, ada tanya jawab psikologi, dengan judul Dear Nirmala!), adalah beberapa perbedaan yang kutemukan dari hasil membaca Bobo hari ini.

image

image

image

Sayangnya, ada juga tokoh-tokoh legendaris yang menghilang. Salah satunya, Rong-rong, si kucing sahabat Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang. Kini, Bona ditemani oleh Ola, kucing baru, dan Kaka, si burung kakatua.

Walaupun begitu, aku dan Mas Aryo sangat menikmati membaca Bobo hari ini. Cerita favorit Mas Aryo adalah sebuah cerita pendek berjudul Anak Ayam Kesayangan. Bakalan minta dibeliin anak ayam beneran nih, naga-naganya hahaha.

image

Seneng rasanya bisa nostalgia bareng Bobo dan ngenalin majalah kesukaan yang sama ke generasiku berikutnya. Mas Aryo minta dibeliin lagi minggu depan. Ehm, apalagi edisi mendatang ada Ultraman kesukaannya 🙂

Pengen juga beliin Mas Aryo adiknya Bobo, yaitu Bobo Junior. Bobo Junior sebenernya lebih pas, karena memang diperuntukkan bagi anak usia 3-7 tahun.

image

Siap sedia budget bulanan baru buat beli Bobo, nih!

#ODOPfor99days #day24

Pic : kidnesia.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s