Be a Smart Shopper with Vouchers

image

Alkisah, aku bergabung dengan Birth Club Oktober 2015 (sesuai ultah Nara) dari forum parenting ngehits The Urban Mama.

I really enjoyed being a member of this group!

As usual, dari forum terus pindah ke grup WA. Dan di sinilah semuanya dimulai…

Selain curhatan dan dukungan dalam membesarkan bayi-bayi kita yang seumuran, topik yang paling ditunggu adalah belanja! Tepatnya, saat salah satu member, sebut saja Mama S, bagi-bagi info kode voucher yang bisa digunakan untuk belanja di beberapa platform online shopping terkemuka.

Wow! Jamin deh, emak-emak mana yang nggak ijo matanya n jadi super gesit kalo denger kata diskon, promo, gratis, atau voucher??? #tunjuktangan #tutupmuka ๐Ÿ˜€

Awalnya, heboh voucher ini bermula saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), 12 Desember silam. Hampir semua mama di grup langsung gercep alias gerak cepat. Cari-cari situs mana yang ngasih best deal buat barang-barang yang mereka incer.

Nah, di sinilah Mama S, yang kemudian langsung dapet gelar M.V. alias Master of Voucher, bagi-bagi info cara dapetin diskon lewat voucher berikut bocorin kode vouchernya.

Ketebak dong endingnya. KA to the LAP. Beli ini beli itu. Bela-belain nongkrongin Bilna, Lazada, mulai jam 2 pagi, browsing sampe HP lowbatt ckckckck.

Sekarang, acara tebar kode voucher ini masih terus berlangsung. Godaan demi godaan buat rekening terus mendatangi. Nah, supaya bisa dapetin manfaat maksimal dari voucher-voucher ini, perlu pake strategi ala smart shopper.

Pertama, catat dulu apa yang bener-bener diperluin.
Misalnya, mau curi start buat siapin peralatan MPASI. Mulailah dari peralatan dasar yang dipakai duluan, seperti feeding set, training cup, blender or food maker, bib. Lho, kok slow cooker n high chair nggak masuk daftar? Dua peralatan itu kalo kepepet nggak kebeli baru, bisa sewa atau beli seken aja. Awal-awal kan masih fokus ngenalin buah, sayur, yang umumnya masih tunggal atau kombinasi sederhana, cukup dikukus lalu halusin. Tanpa shopping list, dijamin deh, malah jadinya beli ini itu, yang belum tentu perlu bahkan ujungnya cuma kepakai satu dua kali aja. Nah, supaya isi shopping listnya akurat, rajin-rajin cari info dari yang sudah pengalaman. Bisa dari product review, atau cerita pengalaman langsung pemakaian dari member forum atau orang yang kita kenal.

Kedua, cari best deal.
Bandingin beberapa online shop sekaligus. Hitung dengan diskon dari voucher, mana yang paling murah. Jangan lupa perhitungkan ongkirnya sekalian. Seringnya, karena silau sama harga murah, si penjual menggetok ongkos kirim yang mahal. Mau irit malah morat marit hehehe.

Ketiga, batasin pembelanjaan, nggak lebih dari 30 persen penghasilan total. Kalo pake kartu kredit, nggak lebih dari 20 persen limit. Kenapa? Ya, harus disisain juga untuk kebutuhan rutin dan darurat. Nggak lucu kan, kalo kalap belanja online, eh buat anak sakit atau beli beras malah kepake juga uangnya.

Nah, kalo terlanjur kebablasan, gimana dong?

Saatnya ikutin langkah keempat, jual barang-barang yang nggak diperlukan dan terlanjur dibeli. Istilah kerennya flea (jangan klik Google Translate ya, ntar artinya malah kutu hahaha). Tinggal pilih mau ngiklan dimana, banyak sekali pilihan media jual beli barang seken. Mulai dari berbasis web (olx, tokopedia), pasang di medsos (FB, IG) atau masuk ke forum (The Urban Mama, kaskus). Inga inga, kalo udah berhasil terjual, uangnya disimpen. Bukan buat gila-gilaan belanja lagi yaaaa! ๐Ÿ™‚

Jadiiii, semoga dengan ikutin tips-tips tadi, muka pak suami nggak asem melulu, tiap nemuin ada mas-mas kurir dateng nganterin belanjaan online kita.

Happy (smart) shopping with the vouchers!

#ODOPfor99days #day21

Advertisements

One thought on “Be a Smart Shopper with Vouchers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s