A Letter to Imaginary Son(s)

image

Melihat kedua jagoanku terlelap malam ini, rasanya hati seperti di awang-awang. Tak terasa mereka hadir, membawa cerita manis untukku. Teringat, saat awal pernikahan, aku membayangkan seperti apa diriku nanti jika dikaruniai keturunan. Kemudian, kutuliskan surat maya ini untuk mereka, diiringi lagu dari band lokal favoritku, NAIF.

Halo nak, mungkin kau akan baca ini berbelas atau berpuluh tahun dari sekarang. Dari komputer nan canggihmu yang besarnya seujung kuku. Atau layarnya bisa menyala di udara bebas. Sambil kau terbang di udara dengan papan luncur anti gravitasi andalanmu. Atau mobil super yang sering kau bawa menjelajah hingga ke bulan sana. Satu yang kupinta : semoga kau baik-baik saja, tak kurang satu apa, saat kau telusuri aksara demi aksara, karya tulus dari hati Ibunda.

The night has it’s come
Watch for the moon and fallen star
Sit near me dear child
We’ll make a wish for you and I

Hari ini, dirimu mungkin baru niatan belaka. Atau bisa saja di dalam sana, si ekor perkasa bertemu telur pujaannya. Ah, aku tak tahu. Kurasa belum saatnya kuperiksa, apakah dua garis yang ditunggu akan muncul, membawa kabar baik itu bersama sang bangau. Tak putus kupanjatkan untuk kehadiranmu, pelengkap ibadah dan niat suci yang kubangun dalam lembaran hidup baru ini.

Putraku tersayang, tahukah engkau, beberapa hari terakhir ini, aku begitu gemar menelusuri mesin pencari maya. Mencari nama yang cocok bila kau hadir kelak. Yah, mungkin ini sangat-sangat-terlalu-awal. Kau boleh mengerutkan keningmu, atapun berkomentar betapa obsesifnya aku. Namun, setiap kuketikkan apa arti nama-nama yang kusuka, debaran jantung dan desiran darah begitu terasa di denyut nadiku.

Tales and smile and lullaby
Now close your eyes and fly
Sleep tight little one
Don’t let your fear inside your dream
I’m right here my son
I’m right beside you everytime

Hey, bagaimana dengan dongeng-dongeng yang sering kuceritakan padamu? Masihkan melekat erat di benakmu? Itu adalah kisah-kisah pahlawan gagah berani yang aku gila-gilai sejak muda usia. Uzumaki Naruto, Hatake Kakashi, Uchiha Sasuke, Nara Shikamaru, Neji Hyuuga. Kuharap kau bisa jadi pandai, pemberani, dan gigih membela kebenaran seperti mereka. 

Kuingat sorot matamu yang begitu terpukau melihat aku tirukan gaya dan jurus andalan mereka. Hahaha, orang-orang mungkin mengendap-endap meninggalkanku, tak tahan dengan aksi tak tahu malu. Tidak denganmu, anakku sayang. Kau selalu bersemangat memperagakannya bersamaku. Sesekali kau terjatuh, kupeluk kau erat, dan kita tertawa bersama. Sekejap saja waktu istimewa kita setiap malam itu begitu cepat berlalu. Segala imaji yang kita ciptakan bersama, masih terpatri dalam hatiku, meski ingatanku kini lambat laun mulai sirna termakan usia.

Tales and smile and lullaby
Now close your eyes and fly
In the morn’ we’ll play again
We’ll make our days just fine

Pangeran tercintaku, maafkan bila seringkali ku buatmu kesal. Dengan segala tanya dan sapa yang buatmu tak nyaman. “Cerewet”, itu serumu. Ku tak pernah ambil hati. Toh itu adalah satu kata yang sudah lama sering kuterima, tak hanya dari mulutmu. Mungkin rasa sayangku terlalu besar, hingga akhirnya mengikatmu dari apa yang kau damba, kebebasan. Doa tak pernah putus kupanjatkan, semoga kau selalu dapatkan yang terbaik, semoga jalanmu tak terlampau berbatu, atau setidaknya kau dapat melaluinya dengan senyum selalu tersungging di bibirmu.

Sleep tight little one
Oh my imaginary son 

Kunantikan saat kita berjumpa lagi. Mungkin di musim liburan yang akan datang. Atau saat Hari Raya tiba. Kapanpun kunjungan itu akan tiba, kue kesukaanmu akan turut menyambutmu di atas meja. Dengan segelas es buah dingin yang selalu tandas kau lahap. Segudang kisah sudah kutata, untuk habiskan waktu kita kelak.

Peluk ciumku untuk dirimu, Ksatria hebatku. 

* Dari Ibundamu sang Pencerita *

#ODOPfor99days #day19
#nowplaying Imaginary Son – NAIF

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s